Sidikalang Kembangkan Destinasi Wisata Kopi Kelas Dunia

Sidikalang Kembangkan Destinasi Wisata Kopi Kelas Dunia

BAGIKAN

Kamarberita.com – Jakarta, Tak heran, industri kopi semakin lama semakin populer. Aneka bisnis berbasis kopi mulai bermunculan dan menawarkan pengalaman baru bagi para penikmatnya. Misalnya, aktivitas minum kopi yang diracik sendiri. Lainnya, jelajah destinasi wisata kopi di berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia

Pembangunan fasilitas wisata kopi perlu di kembangkan lebih seriuas, terutama daerah daerah pengkasil kopi, yaitu Sidikalang, Takengon, Lampung, Ambarawa, Bali, Toraja, Wamena, dan Manggarai.

Misalnya Sidikalang daerah iklim dingin  yang berada di dataran tinggi dengan panorama hutan lindung  yang membentang sampai perbatasan Aceh Bagian Selatan saat ini sudah memiliki destinasi wisata, Tao Silalahi, Wisata Iman, Lae Renun.

Menanggapi hal ini, Mahadi Manik yang merupakan  Putra  asli Sidikalang, yang sudah lama merantau di Jakarta  mengatakan Perintah daerah harus Mengembangkan destinasi wisata kopi  dengan menawarkan keunikan  dan sejarah kopi di daerah daerah penghasil kopi.

“Destinasi Wisata kopi  perlu dipersiapkan di daerah penghasil kopi  ini, selain daerah penghasil kopi yang terkenal rasa enak dengan aroma yang tajam juga memiliki kadar Kafein yang tinggi. Saat ini setiap berkunjung ke rumah penduduk di daerah ini selalu ditawari Minum Kopi  biasanya jenis  kopi yang mereka tanam yaitu Rabusta dan  Arabica.” Ujarnya saat di temui di rumahnya di bilangan Terogong, Jakarta Selatan, (28/9).

“Jakarta yang juga menjadi miniature Indonesia dapat juga mengembangkan Wisata kopi ini” pungkas  Caleg PBB nomur Urut 4, DPRD DKI Jakarta  di dapil 7( Cilandak, Kebayoran  Lama, Kebayoran Baru, Setia Budi, Pesanggerahan) ini dengan semangat.

Beberapa lokasi di dunia  yang sudah menawarkan ragam wisata kopi yang sayang untuk dilewatkan. Negara yang menawarkan  destinasi wisata yang berhubungan dengan kopi yaitu Ethopia, Austria, Seattle, Kolombia, Jepang  dan Honduras.

Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para pemenikmat kopi.

  1. Tur sejarah kopi, Ethiopia

    Berada di ‘ujung tanduk’ benua Afrika, Ethiopia disebut-sebut sebagai negara di mana kopi pertama kali dilahirkan. Kopi arabika merupakan salah satu ragam bijih kopi yang merajai Ethiopia.

    Populernya nama arabika di luar Ethiopia, tak lepas dari peran para pedagang yang membawa rahasia bijih kopi tersebut ke negara-negara Arab dan Eropa di abad ke-17.

    Kini beberapa perusahaan pariwisata, menawarkan pengunjung kesempatan mempelejari sejarah kopi di Ethiopia.

    2. Budaya rumah kopi Wina, Austria

    Wina memang bukan kota pertama yang memiliki ‘rumah kopi’. Beberapa kota lain seperti Mekkah dan Venesia sudah membangun rumah kopi pertamanya jauh sebelum Wina.

    Terlepas dari fakta tersebut, budaya rumah kopi memiliki peran yang cukup besar dalam membentuk budaya Wina. Bahkan, budaya tersebut masuk ke dalam daftar Intangible Cultural Heritage yang dibuat oleh UNESCO.

    Salah satu rumah kopi yang patut dikunjungi untuk mencicipi sensasi rumah kopi di Wina adalah Cafe Central. Kafe dengan suguhan kopi tradisional ini pertama kali dibuka pada tahun 1876.

    3. Starbucks pertama di dunia, Seattle

    Sebelum berdiri di setiap pelosok dunia, Seattle merupakan rumah bagi Starbucks Coffee pertama dalam sejarah. Hingga kini, kedai kopi yang dibangun pada 1971 itu masih menyuguhkan kopi untuk para pelanggan setianya.

    Walaupun tak ada yang berbeda dari kedai ini dengan Starbucks lain, pengunjung kerap menjadikannya atraksi wisata berkat sejarah yang dimiliki.

    4. Taman Nasional Kopi, Kolombia

    Terletak hanya lima menit perjalanan dari Montenegro dan 20 menit dari ibu kota Armenia, Taman Nasional Kopi pertama kali dibuka pada tahun 1995 oleh Federasi Petani Kopi Nasional Kolombia.

    Selain menyuguhkan pemandangan tanaman kopi sepanjang mata memandang, taman nasional ini juga menawarkan berbagai atraksi wisata lain seperti kereta gantung, roller coaster, ragam kuliner berbasis kopi hingga bangunan bernuansa khas Kolombia.

    5. Perawatan spa kopi, Jepang

    Yunessun Spa Resort di Hakone, Jepang adalah salah satu tempat spa di dunia yang menawarkan sensasi berendam air kopi sebagai perawatan tubuh.

    Dengan merogoh biaya mulai dari US$26 atau sekitar Rp380 ribu per orang, pengunjung dapat merasakan sensasi berendam dengan bahan-bahan konsumsi seperti kopi, minuman anggur, teh hijau, sake hingga kaldu ramen.

    6. Menjelajahi rute kopi, Honduras

    Dikenal sebagai salah satu eksportir kopi terkemuka di dunia, Honduras patut dikunjungi jika mengaku sebagai pecinta kopi. Di samping menjadi negara penghasil pisang terbesar di dunia, Honduras juga memiliki rute kopi yang kerap dijadikan atraksi wisata oleh Institut Kopi Honduras.

    Dengan menjelajahi rute ini, pengunjung dapat mempelajari teknik budidaya dan praktek pemanggangan bijih kopi langsung dari petani lokal (nik/kb).

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR