Selain Bumbu Masakan, Ini Manfaat Asam Cikala untuk Kesehatan

Selain Bumbu Masakan, Ini Manfaat Asam Cikala untuk Kesehatan

BAGIKAN
Pohon Asam Cikala

Kamarberita.com – Asam Cikala atau Kecomrang (etlingera elatior), tanaman ini merupakan sejenis tumbuhan rempah – rempah,  berbunga warna merah jambu ini, biasanya digunakan menjadi bahan komposisi masakan supaya lebih harum dan menambah cita rasa masakan. Dibeberapa daerah menyebutnya bunga rias, kincung, Kecombrang  atau honje. Orang asing menyebutnya dengan nama torch ginger.

Untuk bumbu memasak ,  biasanya di ambil dari batang, bunganya  asam Cikala yang belum mekar atau menguncup dan buahnya juga (honje) yang dapat memberikan cita rasa masakan tumis, masakan berkuah, sambal serta  bumbu rujak supaya lebih enak. Aromanya yang kuat menjadikannya sebagai andalan untuk menghilangkan bau amis pada saat memasak  ikan.

Jika menggunakan batangnya, ambil bagian yang lunak. Jika menggunakan bunganya, gunakan yang masih kuncup atau muda. Lazimnya bunga dan batang  Asam Cikala diiris halus dan ditumbuk bersama bumbu lainnya.

Bunga Asam Cikala

Buah asam cikala ini berjejalan dalam bongkol hampir bulat. Masing-masing butir berisi biji-biji kecil (berbiji banyak) berwarna hijau cokelat. Masyarakat Batak  Pakpak  penggunaan cikala ini, Selain memberi rasa asam pada masakan,  juga dapat menghilangkan bau amis pada ikan atau daging. Dengan cara menumbuk sampai pecah  beberapa buah asam cikala, lalu masukkan ke dalam masakan. Tidak perlu khawatir jika terlalu banyak membeli asam cikala. Buah ini dapat dibiarkan hingga mengering,tanpa mengurangi aroma dan rasa asam yang dihasilkan.

Selain dijadikan rempah – rempah masakan untuk lebih nikmat. Ternyata memiliki manfaat tersendiri untuk kesehatan. Untuk itu berikut manfaat  Asam Cikala untuk kesehatan. Seperti yang disadur dari pagarsehat.

Mengatasi Bau Badan

Khasiat Asam Cikala untuk menghilangkan bau tak sedap pada badan terdapat dalam batangya dapat di jadikan sabun, yang akan menghasilkan bau wangi yang sedap dan wangi. Dengan begitu Cikala dapat membantu anda mengurangi bahkan mengatasi bau badan yang anda alami.

Membersihkan dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Ternyata Asam Cikala memiliki manfaat untuk membersihkan darah. Hal ini di karena dalam kecombrang memiliki senyawa yang dapat menyehatkan tubuh dengan cara membersihkan darah. Sehingga nantinya aliran darah akan menjadi lebih lancar dan orang tubuh pun tidak ada yang terganggu akibat darah yang kurang bersih.

Mengatasi Beragam Masalah Kulit

Bunga  Asam Cikala dapat di gunakan untuk membantu mengatasi beragam masalah kulit seperti cacar , campak dan berbagai penyakit kulit lainnya yang mana di sebabkan karena virus, bakteri dan kekurangan vitamin.

Menetralkan Asam Lambung

Bagi anda yang memiliki masalah pada lambung terutama padaasam lambung naik atau berlebih, dapat langsung mengkonsumsi bunga honje ini ini untuk mengatasinya. Hal tersebut di karena dalam Asam Cikala memiliki senyawa yang dapat mengatasinya.

Mengobati Luka

Asam Cikala memiliki sifat anti mikroba di mana mampu mencegah terjadi infeksi pada bagian kulit yang terluka seperti luka jatuh, luka bakar dll. Untuk itulah, Asam Cikala  dapat di jadikan pengobatan alternative untuk mengatasi luka. (nik/kb).

 

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR