Penyelundup Baby Lobster Dituntut 1 tahun 6 bulan

Penyelundup Baby Lobster Dituntut 1 tahun 6 bulan

BAGIKAN
Ribuan baby lobster yang diamankan Dit Polair Polda Jambi. Foto: Syarifudin Nasution/Seru Jambi
KAMARBERITA.COM, Jambi – Terdakwa penyelundupan Baby Lobster, Muamar Kadapit, Aripudin, dan Mansur, dituntut 1 tahun 6 bulan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), pada sidang di Pengadilan Negri (PN) Jambi, Kamis (14/12/2017).
Ini dibenarkan oleh Jaksa, Zuhdi, saat ditemui di luar ruang persidangan. Katanya, terdakwa terbukti bersalah telah melakukan tindak pidana penyelundupan baby lobster secara sengaja.
Ditegaskan, ketiga terdakwa tersebut dikenakan tuntutan kurungan oleh Jaksa yakni 3 tahun dan 6 bulan. “Denda Rp 500 juta subsidair 6 bulan penjara,” tegas Zuhdi
Zuhdi, mengungkap, ketiga terdakwa dijerat dengan undang-undang perikanan. Yakni pasal 88 Jo pasal 16 Ayat (1) A undang-undang RI No 31 Tahun 2004 Tentang perikanan, sebagimana telah diubah dengan undang-undang sebagaimana RI No 45 Tahun 2009 Tentang Perikanan Jo Pasal 55 KUHPidana.
Diketahui, terdakwa tersebut melakukan penyeludupan Boby lobster sebanyak 38.325 ekor dengan dua jenis lobster yaitu Lobster Pasir dan Lobster Mutiara. Akibat perbuatan terdakwa, negara mengalami kerugian sebesar Rp 5,7 miliar.(seru/ojan)
Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR