Pemprov Menerapkan E-Samsat Permudah Masyarakat Bayar Pajak

Pemprov Menerapkan E-Samsat Permudah Masyarakat Bayar Pajak

BAGIKAN
Ilustrasi E-Samsat. Foto: Istimewa
KAMARBERITA.COM, Jambi – Pemerintah Provinsi Jambi akan menerapkan e-samsat (samsat elektronik) atau pembayaran pajak secara online guna memudahkan masyarakat di daerah itu membayar pajak kendaraan bermotor mereka.

Gubernur Jambi Zumi Zola, Kamis, mengatakan dalam menerapkan e-samsat itu, Pemprov Jambi menjalin kerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat tentang replikasi aplikasi e-samsat tersebut.

Dalam penandatanganan kerjasama Pemprov Jambi dan Pemprov Jawa Barat di Kantor Penghubung Jawa Barat, di Jakarta itu, Zola mengatakan penerapan e-samsat di Jambi akan mempermudah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan.

Zola mengatakan Pemrov Jambi telah melihat dan memperhatikan keberhasilan Pemprov Jawa Barat dalam penerapan e-samsat tersebut.

“Kami melihat dan merasa sangat tepat memilih Pemrov Jawa Barat sebagai teman kerjasama. Ini diharapkan dapat memberikan kebaikan kedua belah pihak, supaya sama-sama memberikan keuntungan bagi masyarakat,” kata Zola.

Selain itu, Zola juga menyebutkan akan membuka kerjasama dalam bidang pertanian, perkebunan perternakan dan perikanan.

“Kita lakukan berbagai kerjasama untuk meningkatkan kualitas kinerja pemerintah daerah, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi,” katanya lagi.

Menurutnya kerjasama replikasi program jaringan lintas daerah adalah dalam rangka peningkatan manajemen pemerintahan dan pelayanan publik.

“Kita mengharapkan dengan berkerja sama dengan Pemrov Jawa Barat, replikasi program jaringan lintas daerah bisa diterapkan di Jambi serta bisa meningkatkan kinerja para ASN di Jambi. Dimana setiap ASN akan dibayar sesuai dengan kinerjanya dan prestasinya, jadi pengeluaran dana APBD akan lebih diketahui, dimana targetnya dan apa hasilnya,” katanya menjelaskan.

Apalagi menurut Zola, Pemrov Jawa Barat sudah melaksanakan sistem ini dari tahun 2010 dan ini contoh yang baik yang perlu diterapkan di Pemrov Jambi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengungkapkan penemuan e-samsat merupakan salah satu inovasi penemuan dari ASN Jawa Barat, inovasi tanpa mempergunakan APBD Jawa Barat ini adalah suatu penghargaan yang luar biasa bagi ASN di Jawa Barat.

“E-samsat memberikan banyak keuntungan dan kemudahan, pembayaran yang dilakukan langsung oleh wajib pajak via ATM, dengan tujuan dapat menghindari percaloan, menghilangkan korupsi penerimaan pajak, ketepatan penghitungan pajak yang akan dibayarkan, serta tentunya memberikan keyamanan bagi para wajib pajak,” katanya.

Ahmad Heryawan mengapresiasi kerjasama ini dan berharap bisa berlanjut dengan kerjasama di bidang-bidang lainnya. (SERU/OJAN)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR