Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara Versi Indonesia

Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara Versi Indonesia

BAGIKAN
Air Terjun Tumpak Sewu Kab Lumajang

kamarberita.com – Dunia mengenal Air Terjun Niagara sebagai salah satu air terjun terbesar di dunia dengan keindahan yang luar biasa. Wisata ini terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Lalu bagaimana kalau kita ingin melihat Air Terjun Niagara? Berarti harus pergi ke luar negeri juga, dong?

Betul, kalau ingin melihat Air Terjun Niagara yang harus pergi ke Amerika Serikat atau Kanada. Tapi buat yang ingin menikmati KW-nya saja, di Indonesia juga ada air terjun sejenis, walau aliran airnya tak sedahsyat Niagara. Kalau keindahan alamnya, tak kalah seru dengan yang di luar negeri sana. Sangat menarik, plus petualangan seru menuju lokasinya.

Air Terjun Tumpak Sewu

Nama air terjun yang sedang hits di kalangan petualang ini adalah Tumpak Sewu. Lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, Tumpak Sewu memiliki aliran mata air bercabang banyak, yang kemudian menerjuni tebing tinggi, menuju ke bawah. Karena saking banyaknya, mungkin nanggung kalau dihitung satu per satu, akhirnya warga sekitar menamainya dengan Tumpak Sewu, atau kira-kira kalau diartikan ke Bahasa Indonesia adalah Seribu Tumpukan.

Air Terjun Tumpak Sewu memang berasal dari banyak mata air. Tapi setelah terjun ke bawah, air-air tersebut akan berkumpul menjadi satu sungai, yaitu Sunga Gledek. Ketinggian Tumpak Sewu sendiri dikabarkan mencapai 120 meter, bagian atasnya dikelilingi dengan pepohonan hijau, memberikan pemandangan seperti negeri dongeng yang ada di film-film Hollywood.

Tumpak Sewu dari dekat

 

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki dua spot pengamatan yang populer di kalangan pengunjung, yaitu dari Pos Panorama dan lembah Air Terjun Tumpak Sewu. Kalau Anda memilih Pos Panorama, terlihatlah pemandangan air terjun tersebut dari ketinggian. Bikin darah berdesir saking indahnya. Sementara untuk yang masih punya tenaga, yuk, nikmati petualangan dengan trekking di jalur yang lumayan terjal agar bisa menyusuri lembah Air Terjun Tumpak Sewu.

Buat yang kebetulan sedang atau akan berwisata ke Malang, Jawa Timur, jarak tempuh menuju Air Terjun Tumpak Sewu ini bisa ditempuh dalam waktu dua-tiga jam. Jangan lupa, waktu berkunjungnya terbatas, yaitu hanya sampai pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat, lho. Jadi, selamat berpetualang, ya.

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR