Mendikbud Akan Moratorium Ujian Nasional, Ini Tanggapan Komisi X DPR

Mendikbud Akan Moratorium Ujian Nasional, Ini Tanggapan Komisi X DPR

BAGIKAN

kamarberita.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berencana akan moratorium ujian nasional (UN) pada 2017. Anggota Komisi X, Dadang Rusdiana mengatakan komisi X akan melakukan pengkajian lebih mendalam menganai wacana tersebut.

“Komisi X memandang perlu adanya pendalaman sehingga tidak terkesan kita membuat terobosan-terpbosan yang makin membuat bingung dunia pendidikan,” kata Dadang di Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Namun, dia mengingatkan, UN tetap dibutuhkan untuk mengetahui pemetaan dan mengetahui pencapaian standar pembelajaran sekolah maupun peserta didik. Pemetaan ini berguna untuk menjadi dasar pembelajaran pada tahun berikutnya.

“Kalau UN dimoratorium pada dasarnya tetap kita butuhkan bentuk evaluasi lain untuk mengetahui untuk ketercapaian peserta didik maupun sekolah. Maka tentu harus ditetapkan apakah model ujian sekolah, ujian semester atau evaluasi harian yang dilakukan oleh guru,” ungkapnya.

“Tentunya guru pun harus mendapat pembekalan yang memadai kalau bentuk evaluasi ini berubah,” sambung Dadang.

Lanjut Dadang, keputusan Mendikbud Muhadjir Effendy tersebut belum pernah dibahas dengan pihaknya di DPR. Untuk itu, Komisi X belum menyatakan sikap apakah menyetujui atau tidak atas keputusan tersebut.

“Kita belum menyetujui dulu, sepertinya Pak Menteri yang sekarang ini senang membuat kejutan-kejutan tanpa dibahas dulu dengan matang dengan mitra kerja Komisi X,” ungkap Dadang. (asp.kb)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR