Di Jambi 59 Orang Siswa Tidak Ikut UN, 11-13 April Ujian Susulan

Di Jambi 59 Orang Siswa Tidak Ikut UN, 11-13 April Ujian Susulan

BAGIKAN

Jambi kamarberita.com Dengan alasan yang bisa diterima, siswa yang tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK/MA 2016 awal pekan kemarin, masih ada kesempatan pada UN susulan.

Dijadwalkan, UN susulan dilaksanakan pada 11-13 April untuk manual, dan 18-20 April untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan pengumuman kelulusan pada 7 Mei.

Ketua Panitia Penyelenggara UN Kota Jambi, Arman mengatakan siswa yang tidak mengikuti UN sebanyak 59 orang. Secara rinci, MA 5 orang, SMA 21, dan SMK 33 orang. Penyebab tidak ikut beragam.

”Ada yang sakit, tanpa keterangan, DO, dan lainnya,” ujar Arman yang juga Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Jambi ini.

Arman  mengatakan 19 orang siswa berhak mengikuti UN susulan. Mereka terdiri dari 12 orang siswa SMA dan 7 orang siswa SMK. “Mereka berhak ikut UN susulan,” ujar Arman.

Dia mengatakan, dari 21 siswa SMA yang tidak ikut UN tersebut, 7 diantaranya terkena Drop Out (DO), 12 diantaranya sakit, dan 2 orang tanpa keterangan. Sementara untuk 33 siswa SMK yang tidak ikut UN, sebanyak 25 siswa terkena DO, 7 orang siswa sakit, dan 1 orang alpa atau tanpa keterangan.

“Yang bisa ikut UN susulan hanya yang sakit. Tanpa keterangan tidak bisa,” katanya.

Arman menegaskan, bahwa tiga orang siswa yang tidak mengikuti UN tanpa keterangan tersebut bisa dipastikan tidak lulus UN tahun 2016 ini. Sebab, salah satu syarat untuk lulus ujian sekolah, harus mengikuti UN. Ketiga siswa tersebut merupakan siswa SMAN 7 Kota Jambi, SMA DB 3 Kota Jambi, dan SMKN 4 Kota Jambi. “Meskipun UN bukan lagi penentu kelulusan, tapi salah satu syarat kalau siswa mau lulus ujian sekolah harus ikut UN terlebih dulu,” pungkasnya. (ba kamar berita).

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR