Maria Sharapova Diskorsing Akibat Meldonium Ditetapkan Obat Terlarang

Maria Sharapova Diskorsing Akibat Meldonium Ditetapkan Obat Terlarang

BAGIKAN

kamarberita.com WADA (Badan Antidoping Dunia) menetapkan Meldonium sebagai obat terlarang sejak 1 Januari 2016. Petenis cantik asal Rusia, Maria Sharapova, harus diskorsing mulai 12 Maret 2016 mendatang, setelah terbukti menggunakan obat terlarang alias doping bernama mildronate atau meldonium selama 10 tahun berkarier.

Seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (8/3), kasus yang menimpa petenis 28 tahun itu diketahui saat gagal melakukan tes doping di Australia Terbuka.

Namun, Maria Sharapova ternyata punya pembelaan untuk mengonsumsi obat-obatan yang dilarang di bidang olahraga tersebut. Dia mengaku memakai meldonium untuk mengurangi rasa sakit lantaran kekurangan magnesium dan diabetes.

Selama ini, obat berupa meldonium itu belum ditetapkan sebagai obat terlarang. Barulah pada 1 Januari 2016 lalu kebijakan itu berubah.

Meldonium telah dilarang di Amerika Serikat. Namun, anehnya obat itu masih diperbolehkan di Rusia, Latvia, dan beberapa negara Eropa bagian timur.

“Ini penting untuk kalian pahami bahwa selama 10 tahun obat itu tidak termasuk dalam daftar yang dilarang WADA (Badan Antidoping Dunia) dan saya mengonsumsi obat itu secara legal,” kata Maria Sharapova seperti dilansir Daily Mail.

Hingga saat ini, WADA belum mau mengomentari masalah doping petenis wanita termahal itu. Mereka ingin ITF (Federasi Tenis Internasional) terlebih dahulu mengeluarkan keputusan final (dul. kamar berita)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR