SMU Semesta Semarang Gelar Indonesian Sains Project Olympiad (ISPO) 2016

SMU Semesta Semarang Gelar Indonesian Sains Project Olympiad (ISPO) 2016

BAGIKAN

Semarang kamarberita.com Indonesian Sains Project Olympiad (ISPO) 2016 kali ini, dilaksanakan di SMA Semesta Semarang, Sabtu (20/2). Menurut Ketua Panitia ISPO 2016 Didin Sopandi, kegiatan ini adalah program tahunan yang dilaksanakan sejak 2008.

”Tahun ini merupakan yang kedelapan penyelenggaraan ISPO. Sejak tahun ketujuh penyelenggaraan tuan rumah SMA Kharisma Bangsa di Pondok Cabe Tangsel, biasanya dilaksanakan di Balairung UI, Taman Mini dan Balai Kartini,” kata Didin di SMA Semesta.

Ia melanjutkan, pihak ISPO setiap penyelenggaraannya menggandeng juri untuk penilaian karya peserta dari UI dan ITB. Untuk tahun ini, panitia juga berusaha menggandeng UGM, Undip dan Unnes sebagai juri.

”Karya-karya yang dipamerkan di tempat kami merupakan finalis dari 500 pendaftar. Ada sekitar 82 finalis yang akan dinilai oleh juri-juri dari berbagai perguruan tinggi,” tuturnya.

Menurut Guru Biologi SMA Semesta itu, 82 project yang dipamerkan dari sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Sumatera mulai dari Aceh, Palembang dan Lampung kemudian berbagai Kota di Jawa lalu Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

”Ada sekitar 40 sampai 45 sekolah yang terlibat. Satu sekolah diperbolehkan mengirim lebih dari satu project. Ada yang mengirim lima tetapi hanya tiga lolos dan ada yang sama sekali tidak lolos,” paparnya.

Karya siswa dalam ISPO meliputi enam bidang antara lain, Biologi, Kimia, Fisika, Komputer, Teknologi dan Lingkungan. Peraih medali Emas dan beberapa project lainnya yang terpilih, akan mengikuti ajang serupa di tingkat international.

Didin menjamin, project-project yang masuk final dalam ISPO tidak sama dengan project sebelumnya. Biasanya, peserta melakukan pengembangan atau melakukan perubahan pendekatan terhadap project yang telah ada. (msm. kamar berita).

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR