Kawah Ilalang, Kepingan Surga Yang Tersembunyi

Kawah Ilalang, Kepingan Surga Yang Tersembunyi

BAGIKAN

 

foto firoh 3Bondowoso – kamarberita.com – The Hidden Little Paradise atau yang dalam bahasa Indonesianya berarti Surga Kecil yang Tersembunyi, tagline yang sempat diberikan oleh seorang Turis Mancanegara untuk kota kecil di ujung timur Pulau Jawa, Bondowoso. Kota yang bagi sebagian besar orang ini dikenal sebagai kota mati, kota pensiun, ternyata menyimpan pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Bukan saja tentang keindahan panorama alam yang disajikan, namun juga sensasi petualang saat mencapainya.

Jika Anda berkunjung ke Jawa Timur Kabupaten Bondowoso, mungkin Anda akan bertanya-tanya, apa sih yang istimewa dari Kota berjulukan Kota Tape itu? Bondowoso hanyalah kota kecil yang sepi, alamnya pun tampak biasa saja. Tapi, Anda jangan salah, Anda akan mendapati potongan surga yang tercecer di sudut-sudut Kota Bondowoso, di lokasi tersembunyi yang cukup sulit untuk dijamah.

Salah satu dari The Hidden Little Paradise itu adalah Kawasan Lawang Seng, atau oleh sekelompok Anak Muda Komunitas Relawan Muda Bondowoso disebut “Kawah Ilalang”. Kawah Ilalang ini masih belum tereksplorasi optimal dan hanya segelintir orang saja yang mengetahui destinasi wisata ini. Padahal panorama kawah ilalang yang indah dipadu oleh nuansa barisan bukit menghijau sungguh memanjakan mata. Anda akan menikmati lukisan Tuhan yang Maha Indah pada tiap sisi Lawang Seng/Kawah Ilalang.

Rute untuk mencapai lokasi ini tidak terlalu sulit, namun ada sedikit perjuangan. Ya, Anda jangan kaget jika berkunjung ke kota kami, Bondowoso, karena akses jalan menuju lokasi wisata itu rerata “menantang”. Tapi justru karena tantangan itulah membuat tagline “Hidden Little Paradise” semakin terasa.

Jika Anda hendak menuju kawasan Kawah Ilalang, Anda bisa melaju ke daerah Sempol dan cukup mengikuti arah plang “Kawah Wurung”. Kawah Ilalang ini berada di wilayah Kecamatan Sempol, satu jalur dengan wisata Kawah Wurung. Tapi Anda perlu sedikit hati-hati karena tidak ada penanda untuk kawasan Kawah Ilalang. Jika Anda salah jalan, maka akan tersesat.

Jika Anda sudah memasuki jalan kecil yang tertulis plang,”
Kawah Wurung”, maka Anda hanya perlu sedikit saja jalan tanjakan sampai menemukan hutan pinus. Nah, di hutan itu akan ada jalan kecil yang tidak ada penandanya, Anda ikuti saja jalan itu. Sebagai pengingat, jalan itu berada di kawasan hutan Pinus. Dan di dekat pertigaan itu ada plang seperti ini :

Setelah Anda memasuki jalan kecil itu, Anda lurus saja dan kalau ada tikungan ambil jalur kanan, sampai Anda mendapatkan pemandangan ini,

Jika Anda mengendarai sepeda motor harap berhati-hati karena jalanan cukup menanjak dan licin serta berpasir. Jika pada musim penghujan dipastikan jalanan becek dan membuat roda sepeda motor sedikit mengalami kesulitan untuk melaju. Setelah Anda melewati jalanan tersebut, Anda akan sampai pada kawasan perkebunan gubis/kol/kentang milik warga. Di dekat sana ada pondokan kecil, Anda bisa memarkir motor di sana.

Dari tempat parkiran motor, Anda hanya perlu mendaki sedikit saja ke atas untuk bisa melihat pemandangan kawah ilalang yang terletak di balik bukit.

Nah, dari atas situ Anda bisa melihat ke bawah, di sana Anda akan dimanjakan oleh kawasan kawah ilalang yang asri, sejuk, dan indah dengan kapasnya yang memutih (pada musim hujan) dan menguning (pada saat musim kemarau). Suasana yang cocok untuk liburan keluarga. Anda bisa ber-selfie ria atau juga bisa picnic dengan orang-orang tercinta.

Bagaimana? Kawah Ilalang atau Lawang Seng ini indah bukan? Jika Anda ingin tahu lebih jelas dan detail, jangan ragu untuk mengunjungi wisata ini. Tiket gratis dan nuansa andventure akan menjadi pengalaman yang tak kan Anda lupakan. Tapi jangan lupa, jagalag kebersihan dan kelestarian lingkungan. Selamat berkunjung ke kota kami, selamat menikmati keindahan kepingan surga yang tersembunyi. (Maufiroh NH,kamar berita)

 

 

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR