Kamar Hotel Penuh Menjelang Awal Tahun 2016

Kamar Hotel Penuh Menjelang Awal Tahun 2016

BAGIKAN

Jakarta kamarberita.com Menjelang pergantian tahun menuju 2016 selalu menjadi ajang liburan, berencana memanfaatkan liburan dengan pelesir bersama keluarga. Biasanya segala persiapannya mulai tujuan liburan didukung dengan ketersediaan kamar hotel. Tujuan liburan biasanya menghindar dari suasana berbeda dari lingkungan aktifitas sehari-hari dengan mencari suasana baru.

Berikut ini kondisi kamar hunian hotel di beberapa daerah tujuan wisata atau liburan yang dihimpun kamarberita.com dari berbagai sumber.

Semarang Sejumlah hotel di Kota Semarang kebanjiran pesanan kamar untuk Tahun Baru 2016 hampir semua hotel mencapai 90 persen tingkat hunian kamar untuk perayaan tahun baru. Sales Marketing Manager Hotel Horison Semarang Mytha Adelina  mengatakan bahwa pemesanan kamar untuk Tahun Baru sudah diatas 90 persen dari 165 kamar yang tersedia.

Allstay Hotel yang berada di Jalan Veteran Semarang pun sudah terpesan 70 persen lebih untuk tahun baru. Bahkan untuk liburan Natal kemarin sampai tanggal 27 Desember pun sudah penuh terisi. “Sampai 27 Desember sudah full dan untuk tahun baru masih 70 persen,” ujar Siti Riani Sales And Marketing Manager, Minggu (27/12).

Sabang Pada bagian lain juga dilaporkan Sekretaris Disbudpar Sabang, M Ali Taufik, mengakui bahwa sejak Kamis seluruh kamar hotel dan bungalow sudah penuh. Kamar-kamar penginapan tersebut sudah dibooking oleh wisatawan domestik dan wisatawan manca negara sejak 23 Desember hingga 3 Januari 2016 mendatang.

Bukan hanya hotel dan bungalow, home stay dan rumah-rumah penduduk juga sudah disewa oleh wisatawan yang kebanyakan berasal dari Sumut. Bahkan, tidak sedikit pula warga, terutama anak-anak muda yang buka tenda di sekitar Arena Sabang Fair, karena hotel dan penginapan sudah penuh terisi.

“Belum ada pengunjung yang tidur di masjid, namun saya melihat sebagian anak-anak muda dari luar daerah ada yang dirikan tenda di sekitar Arena Sabang Fair,” ujarnya.

Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikunjungi ribuan wisatawan selama musim libur panjang Natal dan Tahun Baru 2016. Hotel di Yogyakarta pun sudah penuh sejak pekan lalu. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab Danunegoro mengatakan, tingkat okupansi hotel sudah mencapai 100%. Bahkan, saat ini beberapa hotel sudah mulai menolak wisatawan yang akan menginap di hotel.

“Alhamdulillah, Mas. Di luar dugaan ini lebih ramai dari Lebaran. Kita malah nolak-nolak tamu ini,” ujar Istidjab di Yogyakarta, Sabtu (26/12/2015).

“Banyak yang lari ke atas, Kaliurang dan Pantai Parangtritis. Soalnya hotel bintang 5, 4, 3 sudah penuh. Non-bintang masih bisa karena mereka enggak lewat online jadi masih ada,” ujar Istidjab.

Dia mengatakan, saat ini jumlah ketersediaan kamar di DIY mencapai 21.500 kamar. Jumlah ini dari 8.500 kamar hotel berbintang dan 13 ribu Kamar non-berbintang. “Hotel bintang ada 57 hotel dan non-bintang ada 1.010 hotel di DIY,” papar Istidjab.

Pangandaran Padatnya pengunjung yang ingin menghabiskan liburan di pantai Pangandaran membuat hampir seluru Hotel dan penginapan yang ada habis dibooking hingga malam pergantian tahun nanti. “Untuk saat ini sudah tidak ada kamar hotel yang kosong bahkan banyak pemesan yang datang langsung sudah tidak kebagian lagi, hotel kami sudah habis dibooking sejak satu peka lalu”, Kata Egi salah seorang pengelola hotel dikawasan pantai Barat Pangandaran

Menurut Egi hampir seluruh kamar hotel yang ada bahkan pengianapan dan di setiap hotel dan losmen sudah habisumah-rumah warga yang berada disekitar pantai sudah habis dipesan para pengunjung. “Bukan Cuma kamar hotel yang sudah habis, rumah-rumah warga yang biasa kamarnya disewakan juga kini sudah terisi semua dipesan para pengunjung”, Ujarnya.

Egi juga menambahkan tingginya permintaan kamar hotel membuat harga sewapun dengan sendirinya naik hingga dua kali lipat.

Anyer-Carita Kamar hotel di sekitar Anyer-Carita sudah hampir penuh dipesan wisatawan yaitu capai 80 persen dari sekitar 2.000 kamar untuk perayaan liburan pergantian tahun 2015 ke 2016.

“Rata-rata sekitar 80 persen okupansi hotel di Anyer-Carita. Bahkan ada yang sudah 100 persen,” kata Ketua Harian Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Banten, Ashok Kumar di Serang.

Ashok mengatakan, pesanan hotel tersebut untuk liburan perayaan tahun baru. Sebagian besar wisatawan yang sudah memesan hotel tersebut berasal dari sekitar Jakarta. “Market kita sebagian besar Jakarta. Pesanan ini jelas meningkat dibanding hari libur biasanya,” ujar Ashok.

Bandung Berbagai hotel, penginapan dan rumah penduduk yang difungsikan sebagai pengipanan (home stay) di kawasan Pasirjambur, Ciwidey serta Rancabali (Pacira), telah terisi penuh dan dipesan oleh para wisatawan yang akan berlibur pada akhir tahun ini.

Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Bandung, Rudi R. Donal mengatakan, di kawasan Pacira dan Soreang sedikitnya terdapat 37 hotel besar dengan 432 kamar. Selain itu, terdapat juga ratusan penginapan dan 600 home stay milik penduduk disekitaran objek wisata Bandung Selatan.

“Kalau penginapan jumlahnya lebih banyak lagi, tapi kami belum mendatanya. Untuk home stay milik penduduk yang sudah terdata saja jumlahnya ada sekitar 600. Dan semuanya itu sudah penuh,” ujar Rudi.(nik.kb.)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR