Rizal Ramli: Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Pemenang

Rizal Ramli: Bangsa Indonesia Menjadi Bangsa Pemenang

BAGIKAN

Jakarta – kamarberita.com – Bangsa Indonesia menjadi bangsa pemenang , Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli menjelaskan dengan mengembangkan budaya maritim. Dia mengingat kembali fakta historis tentang kejayaan kerajaan Sriwijaya dan Majapahit di bidang politik dan ekonomi.

“Kita ingin jadi bangsa pemenang. Kita bukan bangsa kalah. Kalau kita menguasai lautan, menguasi maritim, kita akan jadi bangsa pemenang. Lebih banyak makan ikan, punya wawasan maritim, dan berani seperti pelaut,” ujar Rizal di acara Apresiasi Ekspedisi Nusantara Jaya 2015, Jakarta Selatan, Selasa (15/12/15)

Rizal menilai acara Ekspedisi Nusantara merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk membangun dan menumbuhkan budaya maritim sehingga bangsa Indonesia berjaya di laut.

“Kita fokus pengelolahan sumber daya alam di laut dalam rangka ketahanan pangan. Ada ikan, yang merupakan sumber protein yang bisa membuat bangsa kita menjadi sehat dan pemenang,” ujarnya.

Menurut Rizal, Program Ekspedisi Nusantara ini merupakan moment untuk belajar cinta laut, kebersihan dan kedisplinan. Karena itu, dia mendorong kegiatan ekspedisi ini di tahun mendatang dapat diikuti oleh lebih banyak pemuda khususnya anak-anak SAM.

“Meningkatkan jumlah yang ikut kegiatan ini khususnya anak-anak SAM karena karena mulai SAM, anak-anak belajar karakter building. Belajar cinta laut, belajar kebersihan dan kedisiplinan,” tutur dia.

Kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) merupakan kegiatan kerja sama antara Kemenko Maritim dan Sumber Daya bersama TNI Angkatan Laut dan Kementerian Perhubungan.

Kegiatan ini melintasi tujuh laut Indonesia dalam rentang waktu 26 hari selama bulan Mei-Juni 2015. Peserta yang lolos seleksi mengikuti kegiatan ENJ 2015 sekitar 200 orang. Lokasi pelaksanaan kegiatan ekspedisi adalah 540 pelabuhan di 22 Provinsi dengan melibatkan 86 Kapal Perintis dan KRI Banda Aceh. (jj.kamar berita)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR