Bandara International Kertajati Bisa Beroperasi Oktober 2017

Bandara International Kertajati Bisa Beroperasi Oktober 2017

BAGIKAN

Jakarta kamarberita.com Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara keroyokan membangun bandara baru di Jawa Barat. Bandara ini berlokasi di Kertajati, Majalengka, Jabar.

Agus Santoso, Direktur Bandar Udara Kementrian Perhubungan mengatakan, Bandara baru ini nantinya dilengkapi runway yang bisa didarati pesawat komersial berbadan lebar (wide body) terbesar di dunia saat ini, Airbus 380. Runway direncanakan memiliki panjang 4.000 meter dengan lebar 60 meter.

“Ini pertama bandara yang disediakan pemda dan pemerintah pusat yang dengan comply Airbus 380,” ujar Direktur Bandar Udara Kementrian Perhubungan usai  acara Indonesia Airport & Aviation Business Forum 2015 di JCC, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Selain mampu melayani pesawat jumbo, Bandara Kertajati juga bakal dilengkapi akses pendukung seperti 2 jalan tol dan akses rel kereta.

“Kita ada tol Cipali, kemudian ada tol Cisumdawu selesai 2017, terus ada study railway rute Bandung-Cirebon via Kertajati,” tambahnya.

Ditargetkan, Bandara Kertajati bisa beroperasi pada Oktober 2017.  Direktur Kebandarudaraan, Ditjen Perhubungan Udara, Kemenhub Agus Santoso, menjelaskan pihaknya berperan membangun dari udara (air sides) seperti runway hingga taxiway.

Pembangunan runway kini memasuki pelapisan 2.500 meter untuk runway ke-1. “Sekarang lagi dari proses proses overlay yang panjangnya 2.500 meter,” ujarnya.

Ke depan, Kemenhub akan menambah panjang runway menjadi 3.000 meter dari total target maksimal 4.000 meter. Kemenhub mengalokasi anggaran Rp 300 miliar di 2016 untuk perpanjangan runway dan pembangunan taxiway pertama.(dody.kb)

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR