Latte Art Membuat Orang Mau Membayar Kopi Lebih Mahal

Latte Art Membuat Orang Mau Membayar Kopi Lebih Mahal

BAGIKAN

Gambar daun, hati hingga hewan pada permukaan busa susu pada cappuccino mempercantik tampilannya. Ternyata tidak cuma menarik, studi menemukan bahwa kopi dengan latte art punya nilai lebih tinggi.

Hiasan dari busa susu di atas cappuccino bisa membuat orang mau membayar lebih mahal. Menurut penelitian baru yang dipublikasikan bulan ini dalam Journal of Sensory Studies, manusia menganggap nilai dari kopi akan lebih tinggi jika memakai latte art.

Pada studi ini, peneliti di Federation University Australia menunjukkan dua gambar cappuccino kepada partisipan. Satu gambar menggunakan hiasan dari busa susu di permukaan kopi dan satu lagi kopi tanpa hiasan.

Pemakaian gambar untuk melihat apakah partisipan merasa salah satu kopi disiapkan lebih baik dibanding lainnya. Ternyata mayoritas partisipan mengatakan bahwa mereka merasa cappuccino dengan gambar di permukaannya dibuat lebih baik dan kemungkinan berharga lebih mahal.

Ketika partisipan diminta meminum kopi dengan atau tanpa latte art, mereka tidak menemukan perbedaan dalam intensitas rasa. Tapi sekali lagi mereka mengatakan mau membayar lebih untuk minuman dengan latte art.

Terkait harga kopi dengan latte art, studi menyebut orang mau membayar 11 sampai 13 persen lebih mahal dibanding kopi biasa. Inilah mungkin yang membuat barista di gerai kopi besar harus ahli dalam latte art.

(odi/msa)

Sumber Informasi

Loading Facebook Comments ...

TINGGALKAN KOMENTAR